2. DISKUSI LINTAS ANGKATAN

2. Diskusi Lintas Angkatan

Tema              : Meningkatkan Kualitas Mahasiwa Arsitektur Trisakti
Tempat           : FX Plaza - Sudirman
Tanggal          : Rabu, 13 Januari 2012
Pukul              : 19.00 – 21.00 WIB

Diskusi Lintas Angkatan dihadiri oleh beberapa alumni dari berbagai angkatan, para pengurus Adhipati, dan Ketua HMA Adhistana Sdr. Angga, dan beberapa sahabat Adhistana.
Bertempat di salah Restoran Mangkok Putih di FX Plaza, diskusi mengutamakan fokus pembicaraan kepada tema bagaimana meningkatkan kualitas Mahasiswa Arsitektur Trisakti agar para alumninya dapat dibanggakan, dihandalkan dan membawa harum nama Arsitektur Trisakti.
Ada beberapa point yang perlu dicatat dalam diskusi ini :
  1. Perlu mempersatukan visi, misi dari para staf pengajar di Arsitektur Universitas Trisakti
  2. Lulusan Ars Trisakti dikenal diluar sebagai entrepreneur/wirasawasta, karena banyak yang profesinya wiraswasta, sehingga ada baiknya kita lebih bisa memberikan porsi tambahan kepada mata kuliag kewirausahaan
  3. Fakta bahwa beberapa alumni yang menerima mahasiswa magang dari arsitek trisakti, sering merasa kecewa karena kemampuan teknisnya yang kurang mumpuni.
  4. Diharapkan agar pihak jurusan arsitek trisakti agar dapat lebih adaptif terhadap perkembangan jaman, dan memfokuskan diri terhadap satu konsep pendidikan
  5. Pihak jurusan agar dapat lebih terbuka dalam menerima masukan-masukan/pendapat-pendapat dari orang luar/alumni, demi memajukan para mahasiswa kita.
  6. Perlu memikirkan wacana konsep “engineer dengan entrepreneur based” yang dapat dipakai sebagai konsep, visi/misi pengajaran atau pendidikan di kampus
  7. Fakta yang terjadi adalah alumni yang bekerja sebagai arsitek kurang lebih adalah 20 persen
  8. Fakta bahwa pernah ada kebijakan kampus untuk menerima secara besar2an dosen-dosen non alumni, dengan maksud agar kampus lebih “berwarna, variatif dan memiliki pandangan yang lebih luas”
  9. Dari HMA Adhisthana mengharapkan digalakan ide “alumni goes to campus”, agar para mahasiswa lebih memiliki wacana desain yg lebih variatif
  10. Dalam diskusi ini, juga muncul ide utk merubah budaya “alumni memperkenalkan proyek-proyeknya”, menjadi agar para mahasiswa yang mepresentasikan karyanya di depan alumni. Sehingga para alumni menjadi reviewer desain para mahasiswa.
  11. Setelah melihat dan studi banding dengan beberapa kampus lain, dua factor penting dalam kemajuan pendidikan di Jurusan adalah KURIKULUM dan KEPEMIMPINAN
  12. Alumni berharap agar kampus kita dapat melihat contoh nyata yang telah dilakukan oleh Jurusan Ars UPH dengan seringnya mengundang tokoh-tokoh penting dari Luar Negri sebagai dosen tamu, ataupun mengundang arsitek-arsitek terkenal untuk menjadi dosen di kampus.
  13. Pengurus alumni akan mempresentasi hasil diskusi dan membawa wacana-wacana yang dihasilkan kepada Ketua Jurusan Arsitektur Universitas Trisakti Bp. Ir. Agus Saladin.


Diskusi Hangat Lintas Angkatan – HMA  Adhistana

Diskusi Hangat Lintas Angkatan – HMA  Adhistana

0 komentar:

Posting Komentar